Tuesday, 7th April 2020

Sejarah Prodi Informatika

Penyelenggaraan PS Teknik Informatika di bawah struktur organisasi FTI, dimulai bulan September 2003 pada awal tahun ajaran baru, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 1424s/D/T/2003. Dalam perkembangannya, PS Teknik Informatika terhitung tanggal 25 Agustus 2007 mendapatkan status “Terakreditasi B” melalui Surat Keputusan 047/Ban-PT/Ak-X/S1/XII/2012.

Pada tanggal 23 Agustus 2016, didirikan Fakultas Ilmu Komputer (FIK), berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi No. 38 tahun 2015, yang membuat kedudukan organisasi PS Teknik Informatika dan PS Sistem Informasi berubah dari yang semula berada di FTI menjadi di bawah FIK. Seiring dengan perubahan tersebut, sehingga saat ini penyelenggaraan PS Teknik Informatika ditangani di bawah pengelolaan struktur organisasi FIK.

Dengan adanya perubahan status UPNVJT dari PTS menjadi PTN dan perubahan struktur organisasi PS Teknik Informatika dari FTI ke FIK, maka hal ini sangat mempengaruhi perubahan rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran baik universitas, fakultas, maupun program studi. Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran dilakukan dengan mengkaji berdasarkan desain kurikulum dari Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) oleh tim perumus. Tim perumus dalam hal ini melibatkan unsur pimpinan (Dekan, Wakil Dekan, Koordinator Program Studi), pendidik (dosen), dan tenaga kependidikan, dengan mengundang mahasiswa dan ormawa, serta stakeholder yang terdiri dari perwakilan alumni dan pengguna lulusan.

Pin It on Pinterest

X